Minggu, 24 Mei 2015

Sambal Terung Asam Khas Riau

Sambal Terung Asam Khas Riau adalah masakan pelengkap yang biasanya disajikan didalam sajian pada saat makan. Makanan yang satu ini paling banyakdigemari sebagai penggoyang lidah pada saat makan karena rasanya yang enak dan lezat, sehingga tak heran jika banyak yang menggemari kuliner yang satu ini. Sambal terung khas Riau terbuat dari bahan dasar buah terung asam dan yang paling enaknya karena ada tambahan terasi bakar sehingga membuat masakan yang satu ini menjadi khas serta terdapat juga bumbu lain sebagai penambah enak sambal terung asam. Untuk anda yang penasaran bagaimana cara membuat masakan tersebut untuk lebih lengkapnya lihat resep cara membuatnya, sebagai berikut...........


Bahan:
  • 6 buah terung asam, kupas dan cincang halus
  • 2 bungkus terasi, dibakar
  • 10 buah cabai rawit
  • 10 buah cabai merah
  • 3 buah bawang merah
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:
  1. Giling cabai rawit dan cabai merah terlebih dahulu sampai benar-benar halus. Diamkan sejenak kira-kira 5 menit.
  2. Setelah selesai masukkan kedalamnya bawang merah, terasi bakar, tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai dengan selera lalu giling lagi.
  3. Selanjutnya pastikan langkah yang pertama dan kedua semua bahan tergiling halus agar pada saat penyelesaiannya rasa sambal terung asamnya terasa nikmat.
  4. Kemudian masukan terung asamnya yang membuat masakan menjadi lebih nikmat dan giling lagi bersama bahan lainnya dan jika sudah selesai sajikan.
  5. Sambal Terung Asam Khas Riau siap disantap.
          Resep membuat Sambal Terung Asam Khas Riau sangatlah mudah, karena bahan-bahan untuk membuatnya mudah didapat dan proses pembuatannya pun tidak terlalu rumit. Bagi anda yang tertarik untuk mencoba kuliner yang satu ini selamat mencoba membuatnya ya.... sekian dulu resepnya dan terima kasih.

Sumber: Bpk. Erman Suprapta.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasih pak, sudah memposting tentang resep sambal terong asam khas Riau...saya sangat menyukainya, maknyoss

Posting Komentar