Selasa, 02 Juni 2015

Ketarap Kuning Kuah Badau

Ketarap Kuning Kuah Badau adalah salah satu kuliner yang sangat digemari oleh banyak orang karena rasa kuahnya yang begitu enak sehingga siapa pun yang sudah pernah mencicipinya rasanya ingin nambah terus kalau makannya apalagi bersama nasi putih hangat emmm lengkap sudah. Ketarap Kuning Kuah Badau sebenarnya tidak memerlukan bahan atau pun bumbu yang banyak sehingga pada proses pembuatannya juga mudah, yang membuat rasanya enak tersebut adalah kuah kuningnya yang merupakan hasil dari racikan kunyit yang dipadukan dengan bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, kemiri dan bahan lainnya sehingga menghasilkan cita rasa yang enak dan tentunya segar kuahnya. Bagi anda pencinta kuliner di rumah yang belum pernah mencicipi masakan yang satu ini jangan khawatir karena saya akan selalu berbagi resepnya, resep membuat Ketarap Kuning Kuah Badau adalah sebagai berikut................


Bahan:
  • 1 kg ikan ketarap
  • 10 sendok makan air jeruk nipis
  • 4 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  • Garam secukupnya
  • 1 liter air

Bumbu Halus:
  • 10 buah bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 cm kunyit
  • 8 butir kemiri

Cara Membuat:
  1. Bersihkan kotoran, insang, dan sirip ikan ketarap lalu potong-potong ikan sesuai dengan selera serta cuci bersih ikan hingga bersih. Jika sudah selesai lumuri ikan dengan garam dan perasan air jeruk nipis tadi diamkan selama kira-kira 15 menit sampai meresap.
  2. Kemudian panaskan minyak goreng sampai mendidih, lalu tumis bumbu halus hingga aromanya berbau harum. Aduk rata.
  3. Masukkan ikan ketarap kedalam tumisan tadi bersama dengan air. Aduk rata dan masaklah sampai daging ikan ketarap empuk dan matang sempurna.
  4. Jika dirasa sudah matang segera angkat dan sajikan kedalam mangkuk saji yang telah disiapkan.
                 Begitulah cara membuat Ketarap Kuning Kuah Badaunya, bagi anda pencinta kuliner yang belum pernah mencicipi masakan yang satu ini jangan lupa ya untuk memasaknya sendiri di rumah untuk disajikan sebagai makanan favorit anda di rumah untuk dimakan bersama keluarga anda. Selamat mencoba memasaknya di rumah ya... sekian dulu resep dari saya dan terima kasih.

Sumber: Ibu Mili Suryani.

0 komentar:

Posting Komentar