Jumat, 20 Maret 2015

Rendang Daging Sapi (Sumatera Barat)

            Rendang Daging Sapi Sumatera Barat adalah jenis makanan yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia, makanan ini diracik dengan bumbu dan rempah-rempah terbaik sehingga menghasilkan cita rasa yang super enak dan biasanya pada saat lebaran makanan ini disajikan dengan ketupat dan rasanya pun super enak apalagi dimakan secara bersama-sama. Makanan yang satu ini terdapat di seluruh warung padang yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga tidak heran jika masakan ini sudah tidak asing lagi dilidah masyarakat Indonesia. 
                Dibawah ini saya akan memberikan resep cara membuat rendang sumatera barat yang sangat lezat agar ibu rumah tangga dirumah dapat membuatnya menjadi masakan favorit keluarga, sebagai berikut.....


Bahan:
  • 1 kg daging sapi (potong sesuai selera)
  • 800 ml santan encer (dari buah kelapa tua kemudian diperas)
  • 1000 ml santan kental (dari perasan buah kelapa tua)
  • 6 lembar daun jeruk sate
  • 4 lembar daun kunyit diikat simpul
  • 4 buah asam kandis
  • 6 batang serai, ambil isinya lalu memarkan
  • 4 cm lengkuas, dimemarkan
  • 4 sendok teh garam
  • Gula merah secukupnya
Bumbu Halus:

1/2 ons cabai merah keriting
10 buah cabai merah besar
30 butir bawang merah
10 siung bawang putih
2 cm jahe
6 butir kemiri, lalu kemudian disangrai
1/2 sendok merica
3 sendok ketumbar

Cara Membuat:
  1. Masukkan santan encer 800 ml, bumbu halus(yang telah dihaluskan), daun kunyit, daun jeruk sate, lengkuas, serai dan asam kandis lalu perlahan-lahan sambil diaduk sampai mendidih diatas api sedang.
  2. Setelah mendidih, masukkan daging sapi yang telah dicuci bersih, garam dan gula merah kedalam santan yang telah direbus tadi.
  3. Memasaknya dengan api yang panasnya sedang jangan terlalu menggunakan api besar, lalu kemudian sambil diaduk hingga daging sapinya empuk dan sampai kuahnya mengental.
  4. Kemudian tuang santan kental, lalu kemudian masak diatas api kecil dan aduk terus-menerus sampai rendangnya berwarna kecoklatan, berminyak dan kering.
  5. Setelah masak, lalu kemudian angkat rendang daging sapinya dan sajikan.makanan pun siap untuk disantap.
           Memasak rendang daging sapi memang sangat lama membutuhkan waktu berjam-jam, namun hal tersebut bukanlah sebuah alasan untuk menghasilkan rendang daging yang memiliki cita rasa yang tinggi dan super enak untuk disajikan sebagai makanan favorit keluarga. Sekian artikelnya dan selamat mencoba.

Sumber: Uda Adi (Padang)

0 komentar:

Posting Komentar