Rabu, 22 April 2015

Bolu Kojo Khas Jambi

 Bolu Kojo Khas Jambi adalah makanan yang berasal dari Jambi yang sangat populer yang digemari masyarakat jambi, bolu kojo berarti kemojo atau kamboja karena bentuk loyang yang menyerupai bunga kamboja. Kue bojo biasanya disajikan pada saat ada acara atau kegiatan adat daerah setempat, bolu kojo terbuat dari bahan tepung terigu, telur ayam, gula pasir, daun suji, santan kelapa, dan daun pandan. Untuk lebih lengkap cara membuat Bolu Kojo Khas Jambinya sebagai berikut..........



Bahan:
  • 500 gram tepung terigu
  • 4 gelas gula pasir
  • 10 butir telur ayam
  • 2 gelas air perasan daun suji dan pandan
  • 300 ml santan kelapa kental
  • 100 gram mentega

Cara Membuat:
  1. Kocoklah telur yang telah disediakan, kemudian masukkan gula pasir sambil diaduk rata setelah itu masukkan lagi air perasan daun suji, daun pandan dan santan kental.
  2. Setelah itu masukan lagi tepung terigu kedalamnya sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Pastikan semua tepung terigu tercampur semuanya.
  3. Lalu panaskan loyang dengan api sedang yang digunakan untuk menuangkan adonan, kemudian oleskan mentega kedalam loyang tersebut.
  4. Setelah selesai diolesi mentega ke loyang masukkanlah adonan sedikit demi sedikit kedalam cetakan tersebut lalu tutup loyang. Masak hingga matang hingga berwarna kecoklatan.
  5. Setelah diintip sudah matang. Angkat dan Bolu Kojo Khas Jambi siap di potong dan disajikan.
           Bagaimana setelah anda membaca resep cara membuat Bolu Kojo Khas Jambinya mudah kan dan bahan-bahannya pun bisa dibeli ditoko atau pasar terdekat. Bagi anda yang ingin membuat bolu kojo di rumah dapat langsung mempraktekkannya dengan panduan resep yang saya buat ini. Selamat mencoba ya... terima kasih.

Sumber: Ibu Mili Suryani.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

2 gelas itu berapa ml air?

Posting Komentar